Kategori
Tips Travelling

6 Tips Budgeting Saat Travelling

1. Jadilah bertanggung jawab secara finansial

Mengatur keuangan adalah keterampilan yang selalu berguna dalam hal apapun, tak terkecuali saat travelling. Sebelum Anda travelling adalah waktu yang tepat untuk mengetahui dasar-dasar pengaturan keuangan. Contohnya saja membuang kebiasaan buruk yang perlahan tapi pasti menguras dompet, membangun kebiasaan yang dapat menghemat uang, membatasi pengeluaran uang per hari, dan menggunakan kartu kredit dengan bijak.

2. Buat daftar budgeting yang ideal

Membuat budget yang ideal adalah salah satu tips yang krusial saat dan sebelum travelling. Dalam melakukan hal ini, penting juga untuk mencocokkan ekspektasi dan kondisi ekonomi pribadi.

Buatlah daftar biaya dan perkiraan biaya untuk hal-hal yang akan dilakukan seperti biaya dari tempat-tempat tujuan, harga tiket transportasi dan akomodasi, biaya tak terduga, dan semuanya yang relevan dengan travelling. Setelah mengetahui hal-hal di atas, cari tahu juga tips travelling yang menarik agar pengalaman yang didapat akan berkesan.

Baca juga. 8 Tips Travelling Tanpa Gagal

3. Simpan uang di beberapa tempat yang aman

Ada bagusnya bila uang cash dan kartu kredit (dan alat pembayaran lainnya, jika ada) disimpan di beberapa tempat yang berbeda. Tak perlu banyak, 2 tempat yang berbeda saja cukup. Ini untuk berjaga-jaga bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti saja dompet yang hilang.

Contohnya, bila kehilangan dompet di mana terdapat semua uang cash dan kartu kredit, maka akan sangat sulit untuk mencari solusinya, dibandingkan jika Anda memiliki 2 atau 3 lokasi yang berbeda untuk uang cash dan kartu kredit.

4. Perhatikan semua pengeluaran

Saat travelling dan sesudah membuat budget yang ideal, sangat disarankan untuk memperhatikan pengeluaran, terutama saat selesai travelling. Dengan meninjau semua pengeluaran, dari hal-hal kecil seperti biaya makanan dan oleh-oleh sampai biaya penginapan, dapat terlihat apakah budgeting sesuai dengan perkiraan yang dibuat. Perlu diketahui bahwa biaya sekecil apapun juga sangat penting menghitung pengeluaran. Di sini juga dapat terlihat bagaimana cara Anda dalam menggunakan uang.

5. Cari tahu semua tentang kurs tukar

Bagi yang berencana untuk travelling ke luar negeri, hal ini adalah hal yang penting. Untuk mengoptimalkan budgeting, disarankan untuk memiliki uang lebih yang berlaku di negara tujuan, dibanding uang yang berlaku di negara asal, karena ada kemungkinan mata uang negara asal tidak diterima di negara tujuan. Walaupun ada pengecualian seperti di kota Mekah, Medinah, dan Jeddah di Saudi Arabia yang dapat menerima mata uang lainnya seperti Rupiah.

Ketika menukar uang, perhatikan baik-baik kurs, komisi dan tentu saja tips menukar uang , karena terkadang dapat melambung tinggi sesuai dengan nilai tukar yang terkini, dan setiap tempat memiliki kurs pertukaran yang berbeda.

6. Hubungi bank dan perusahaan kartu kredit tentang rencana travelling

Sekitar seminggu sebelum berangkat, ada bagusnya untuk menghubungi bank dan perusahaan kartu kredit tentang rencana travelling bahwa Anda akan menggunakan kartu debit atau kredit Anda saat travelling. Beruntungnya, hal ini dapat dilakukan secara online atau dengan menghubungi pihak bank.

Hal ini disarankan untuk mencegah kemungkinan kartu Anda tidak bisa digunakan di tempat tujuan, sebagai perlindungan pihak bank jika kartu anda tidak digunakan oleh Anda.

Membawa kartu debit & kartu kredit (Visa, Mastercard) juga disarankan, karena ada kemungkinan di beberapa ATM kartu debit tidak bisa digunakan. Selain itu hubungi bank untuk menaikkan saldo kartu kredit bila berencana travelling ke luar negeri, dan jangan lupa untuk menurunkannya kembali untuk mengatur pengeluaran pemakaian di Indonesia.

Travelling adalah kegiatan yang harus dinikmati. Jika Anda melakukan perencanaan keuangan yang tepat, Anda dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tagihan kartu kredit yang membengkak.

Dengan melakukan 6 tips di atas, maka Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai travelling Anda. Luangkan waktu untuk memahami skala prioritas dalam perencanaan keuangan, dan bila semuanya baik-baik saja, maka travelling Anda akan berjalan maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *