Kategori
Tips Travelling

7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Travelling

  1. Pencegahan dan mengoptimalkan kesehatan sebelum berangkat
Kesehatan

Menjaga kesehatan, termasuk di dalamnya mengkonsumsi makanan dan minuman bernutrisi, sangat disarankan. Bila perlu, Anda juga bisa melakukan medical check up di klinik atau rumah sakit sekitar 2 minggu sebelum berangkat.

Mengkonsumsi vitamin sebelum dan sesaat travelling juga merupakan tips yang penting, contohnya saja minyak ikan, multivitamin, vitamin C, dan sebagainya. Juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, minum air putih yang cukup, dan memakan buah-buahan yang menguatkan pertahanan tubuh, seperti apel.

2. Minum air putih yang cukup

Air putih

Seperti dalam tips sebelumnya, minum air putih yang cukup sangat penting untuk meningkatkan cairan tubuh yang pastinya dibutuhkan oleh tubuh kita. Ketika kita travelling, sebenarnya kita ada di dalam situasi di mana air terus-menerus berkurang dari tubuh kita; sinar matahari yang menyengat, AC yang secara tidak langsung membuat dehidrasi (Ya! Ini tips cukup penting untuk diingat), dan perjalanan yang menguras energi.

3. Olahraga sebelum dan saat travelling

Kesehatan

Seperti sebelumnya untuk mengoptimalkan tubuh agar lebih fit lagi, sangat masuk akal untuk berolahraga sebelum dan sesaat travelling. Fitness dan berenang adalah contoh yang baik, atau bila ingin yang lebih sederhana, stretching, yoga dan pilates juga membantu setidaknya untuk menjaga postur yang baik. Saat travelling, terutama saat menginap di hotel, sangat disarankan untuk menggunakan fasilitas olahraga seoptimal mungkin, seperti gym, kolam renang, atau dengan jogging pagi di sekitar juga disarankan, dan juga agar mendapat sinar matahari yang cukup juga untuk kulit kita.

4. Selalu ingat untuk sarapan pagi

Sarapan

Kedengarannya sangat sepele, namun sarapan pagi sangat krusial untuk tubuh kita tak terkecuali dalam hal travelling, terutama untuk menjaga dan meningkatkan performa dan kemampuan berfikir yang lebih jernih. Tidak disarankan untuk menggabung sarapan dan makan siang, karena itu dapat membebani lambung dan proses pencernaan. Sarapan tidak perlu banyak, roti dan segelas air putih atau teh dan kopi sudah cukup bagi tubuh kita, namun tetap harus mengkonsumsi sarapan yang bergizi.

5. Perhatikan kondisi emosional

Memangnya apa hubungannya kondisi emosional dengan travelling? Sadar tidak sadar, ini sangat berpengaruh, terutama untuk menikmati proses travelling itu sendiri. Contohnya, travelling jarak jauh sangat menguras tenaga kita, termasuk kondisi emosional kita yang menurun. Bila demikian, penting untuk istirahat sejenak seperti menikmati waktu me time, tidur siang, membaca buku, menikmati udara dan pemandangan segar di hotel. Anda juga dapat mencari tahu tips travelling tanpa gagal.

Baca juga: 8 Tips Travelling Tanpa Gagal

6. Bawa obat-obat dan antibiotik

Tidak perlu banyak, namun seperlunya saja untuk mengantisipasi jika kondisi kesehatan menurun saat travelling. Contohnya saja membawa hand sanitizer, obat demam, obat anti flu, dan masuk angin. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsinya dalam dosis yang sesuai.

7. Melindungi kulit

Apakah ada hubungannya melindungi kulit dengan kesehatan? Ya! walaupun kadang terabaikan, melindungi kulit juga penting untuk kesehatan kulit itu sendiri dan juga kesehatan kita. Contohnya dengan menggunakan sun-screen pada wajah dan lotion, tubuh Anda akan terlindungi dari sinar matahari yang menyengat yang dapat membuat pusing dan kulit kusam. Bila Anda sedang travelling ke alam, maka penting untuk memakai lotion agar kulit anda terlindungi.

Menjaga kesehatan adalah hal yang penting tak hanya saat travelling saja, namun setiap saat dalam aspek keseharian kita. Seperti pepatah yang mengatakan “The first wealth is health”, maka menjaga kesehatan sudah seharusnya dipertimbangkan lebih baik lagi karena jika sudah jatuh sakit, maka tak proses pengobatan yang rumit, ini juga menguras waktu dan pikiran. Happy travelling!

Satu tanggapan untuk “7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Travelling”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *